Cara Menyuntikkan Vitamin B12: 15 Langkah

Vitamin B12 penting untuk pembelahan sel, pembentukan darah, perkembangan otak dan pertumbuhan tulang. Orang yang menderita gejala kekurangan vitamin B12 seperti depresi, kelelahan, anemia, dan daya ingat yang buruk dapat meminta suntikan vitamin B12 dari dokter mereka.[1] X Sumber penelitian Suntikan vitamin B12 mengandung bentuk buatan vitamin B12 yang disebut cyanocobalamin. Bicaralah dengan dokter Anda sebelum menerapkan vitamin B12, individu dengan alergi atau masalah kesehatan tertentu mungkin memiliki reaksi terhadap vitamin B12. [2] X Sumber penelitian Meskipun Anda dapat menyuntikkan vitamin B12 sendiri, cara teraman adalah dengan menyuntik Anda oleh orang lain.[3] X Sumber penelitian

Mempersiapkan injeksi

Memahami kemungkinan komplikasi suntikan vitamin B12. Karena suntikan vitamin B12 mengandung cyanocobalamin, Anda tidak boleh menggunakan obat ini jika Anda alergi terhadap cyanocobalamin atau kobalt, atau jika Anda memiliki penyakit Leber, yang merupakan bentuk kehilangan penglihatan yang diturunkan. Beri tahu dokter Anda tentang alergi atau kondisi medis apa pun sebelum menerima resep injeksi vitamin B12. Beri tahu dokter Anda jika Anda memiliki:

Pilek atau gejala alergi yang mempengaruhi hidung Anda, seperti hidung tersumbat atau bersin.

Penyakit ginjal atau liver.

Kekurangan zat besi atau asam folat dalam makanan.

Setiap jenis infeksi.

Jika Anda sedang mengonsumsi obat atau perawatan apa pun yang memengaruhi sumsum tulang.

Jika Anda sedang hamil atau berencana hamil gunakan suntikan vitamin B12. Cyanocobalamin dapat masuk ke dalam ASI dan dapat membahayakan bayi yang disusui.

Ketahui manfaat suntikan vitamin B12. Jika Anda mengalami anemia atau kekurangan vitamin B12, Anda akan memerlukan suntikan vitamin B12 sebagai bentuk pengobatan. Beberapa orang juga mengalami kesulitan menyerap vitamin B12 dalam makanan atau melalui suplemen vitamin B12 dan karena itu menggunakan suntikan vitamin B12. Vegetarian yang tidak mengonsumsi makanan hewani juga dapat memperoleh manfaat dari suplemen vitamin B12 agar tetap sehat.

Perlu diingat, bagaimanapun, bahwa suntikan vitamin B12 belum terbukti secara ilmiah membantu Anda menurunkan berat badan.

See also  Cara Menghindari Aneurisma: 14 Langkah

Dapatkan resep untuk suntikan vitamin B12. Bicaralah dengan dokter Anda tentang mengapa suntikan vitamin B12 adalah pengobatan yang tepat untuk Anda. Jika dokter Anda berpikir Anda adalah kandidat yang baik untuk suntikan vitamin B12, ia akan meresepkan resep dengan dosis tertentu.

Anda dapat mengambil obat Anda di apotek. Jangan pernah mengonsumsi lebih dari jumlah vitamin B12 yang ditentukan.

Saat menggunakan suntikan vitamin B12, dokter Anda mungkin memerlukan tes darah rutin untuk memeriksa reaksi tubuh Anda terhadap suntikan.

Pilih tempat suntikan. Tempat suntikan yang ideal tergantung pada usia Anda dan kenyamanan orang yang memberikan suntikan. Ada empat tempat suntikan:

Bahu: Tempat suntikan ini sering digunakan untuk dewasa muda atau dewasa paruh baya. Orang dewasa yang lebih tua dapat menggunakan situs ini jika otot di lengan atas (otot deltoid) berkembang dengan baik. Namun, dosis yang lebih tinggi dari 1 ml tidak boleh diberikan pada lengan atas.

Paha: tempat suntikan paling umum pada orang yang menyuntikkan diri atau disuntikkan ke bayi atau anak kecil. Ini adalah tempat suntikan yang baik karena ada banyak lemak dan otot di bawah kulit paha. Otot target, otot lateral lebar, berada di tengah antara selangkangan dan lutut, sekitar 6-8 cm dari tekukan kaki.

Paha luar: Tempat suntikan ini, yang terletak di sisi tubuh Anda di bawah pinggul Anda, baik untuk orang muda dan orang dewasa. Kebanyakan ahli menyarankan Anda untuk menggunakan tempat ini karena tidak ada pembuluh darah besar atau saraf yang bisa rusak oleh suntikan.

Bokong: Bokong atas, bokong luar, atau otot bokong, di kedua sisi tubuh, adalah tempat umum penyuntikan. Tempat suntikan ini hanya boleh digunakan oleh profesional kesehatan karena terletak di dekat pembuluh darah besar dan saraf siatik, yang dapat rusak jika suntikan tidak diberikan dengan benar.

Pilih metode aplikasi. Meskipun memberikan suntikan kepada seseorang mungkin tampak seperti tugas yang cukup sederhana, ada dua cara untuk menyuntikkan vitamin B12 yang disuntikkan:

See also  Cara Menjadi Bugar

Intramuskular (ke dalam otot): Suntikan ini lebih umum karena memiliki hasil yang lebih baik. Masukkan jarum pada sudut 90 derajat, yang akan memasukkan jarum jauh ke dalam jaringan otot. Ketika vitamin B12 didorong melalui jarum, itu segera diserap oleh otot di sekitarnya. Ini menyerap semua vitamin B12 ke dalam tubuh.

Subkutan (di bawah kulit): Suntikan ini kurang umum. Masukkan jarum pada sudut 45 derajat, tepat di bawah kulit, tidak seperti injeksi otot dalam. Anda dapat menarik kulit luar dari jaringan otot untuk memastikan jarum tidak dimasukkan ke dalam otot. Tempat terbaik untuk jenis aplikasi ini adalah di lengan atas.

Injeksi

Siapkan alat bantu. Siapkan ruang di rumah pada garis yang bersih atau di tempat lain. Anda akan perlu:

Solusi vitamin B12 yang ditentukan.

Jarum dan spuit bersih tertutup.

Penyeka kapas.

Disinfeksi.

tambalan.

Wadah tahan tusukan untuk membuang jarum bekas.

Bersihkan tempat suntikan. Pastikan tempat suntikan yang dipilih terbuka dan orang tersebut memiliki kulit telanjang. Kemudian rendam kapas di disinfektan. Bersihkan kulit dengan kapas dengan gerakan memutar.

Biarkan hingga kering.

Bersihkan permukaan botol larutan vitamin B12. Gunakan kapas baru yang direndam dalam desinfektan untuk membersihkan permukaan vial vitamin B12.

Biarkan hingga kering.

Balikkan botol larutan. Keluarkan jarum baru dari kemasan dan lepaskan penutup jarum.

Tarik keluar pendorong jarum suntik ke jumlah yang diperlukan. Kemudian masukkan ke dalam botol larutan. Tiriskan spuit dengan plunger, lalu tarik perlahan plunger sampai Anda mengisi spuit dengan jumlah larutan yang dibutuhkan.

Ketuk jarum suntik dengan lembut dengan jari Anda untuk melepaskan gelembung udara berlebih.

Keluarkan jarum dari vial. Dorong perlahan pendorong jarum suntik untuk melepaskan sejumlah kecil vitamin B12 dan tidak ada udara yang tersisa di dalam jarum suntik.

Berikan suntikan. Gunakan ibu jari dan telunjuk Anda yang bebas untuk mengencangkan kulit di tempat suntikan. Di mana pun di tubuh manusia tempat suntikan, kulit harus halus dan kencang agar lebih mudah menerapkan solusi.

See also  Cara Mengasamkan Urine: 9 Langkah

Biarkan orang itu tahu bahwa Anda akan menerapkan solusinya. Kemudian masukkan jarum di sudut kanan ke dalam kulit. Jaga agar jarum tetap stabil dan perlahan dorong plunger sampai Anda telah menyuntikkan semua larutan.

Coba terapkan solusi pada otot yang rileks. Jika orang tersebut gugup atau tegang, beri tahu mereka untuk memindahkan beban ke kaki atau lengan yang tidak Anda berikan solusi. Ini akan membantu menjaga otot-otot di tempat suntikan tetap rileks.

Periksa apakah tidak ada darah di dalam spuit saat mengoleskan larutan. Jika tidak ada darah dalam jarum suntik, lanjutkan untuk menerapkan sisa larutan.

Jika Anda menerapkan vitamin B12 untuk diri sendiri, gunakan tangan Anda yang bebas untuk mengencangkan kulit di tempat suntikan. Relakskan otot dan masukkan jarum pada sudut yang tepat. Periksa jarum suntik untuk darah, jika tidak, oleskan sisa larutan.

Lepaskan kulitnya dan lepaskan jarumnya. Pastikan untuk melepas jarum pada sudut yang sama saat Anda memasukkannya. Gunakan kapas untuk menghentikan pendarahan dan membersihkan tempat suntikan.

Bersihkan tempat suntikan dengan gerakan memutar.

Oleskan tambalan ke tempat suntikan.

Buang jarum dengan benar. Jangan membuang jarum bekas. Anda dapat meminta dokter atau apoteker Anda untuk wadah jarum padat, atau membuatnya sendiri.

Gunakan kaleng kopi dan tutupi tutupnya dengan selotip. Buat lubang yang cukup besar untuk jarum di tutupnya. Setelah kaleng penuh, bawa ke kantor dokter Anda untuk pembuangan yang benar, atau kunjungi layanan pembuangan limbah biohazard.

Gunakan jarum sekali pakai hanya sekali. Jangan pernah menggunakan jarum yang sama dua kali, karena dapat menyebabkan infeksi atau penyakit.

Semua suntikan vitamin B12 yang tidak terpakai dapat disimpan pada suhu kamar, melindungi dari kelembaban, panas dan cahaya.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.