Cara Mengobati Takikardia: 10 Langkah

Takikardia adalah gangguan yang berpotensi berbahaya, di mana detak jantung meningkat hingga melebihi 100 denyut per menit saat istirahat.[1] X Trusted Source Mayo Clinic Go to source Dapat mempengaruhi ruang jantung bagian atas (atrium), bagian bawah (ventrikel), atau keduanya. Serangan takikardia bisa menjadi episode sesekali, yang tidak menimbulkan gejala atau komplikasi, atau bisa sering terjadi dan dalam hal ini bisa menjadi indikator patologi sistemik atau kelainan fungsional jantung. Takikardia kronis meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Pengobatan rumahan dan beberapa strategi dapat membantu Anda mengurangi detak jantung ketika jantung mulai “berjalan”, meskipun dalam kasus takikardia kronis seringkali perlu menggunakan obat-obatan.

Mengobati Takikardia di Rumah

Come Trattare la Tachicardia: 10 Passaggi

Hentikan aktivitas yang sedang Anda lakukan dan istirahatlah selama beberapa menit. Kebanyakan orang mengalami beberapa episode takikardia singkat pada kesempatan langka, seringkali karena stres yang sangat tinggi atau serangan panik atau kecemasan yang tiba-tiba. Jika menurut Anda inilah penyebab penyakit Anda, hentikan aktivitas Anda dan istirahatlah selama 5 atau 10 menit. Ini bisa berarti berhenti menonton film horor, menjauh dari situasi yang sangat menegangkan (argumen atau argumen) atau mengalihkan diri Anda dari beberapa kekhawatiran keuangan. Beristirahat, bersantai, dan menarik napas dalam-dalam secara alami dapat membantu Anda mengurangi detak jantung.

Denyut jantung istirahat normal dapat sedikit berbeda antara orang-orang, tetapi umumnya antara 60 dan 100 denyut per menit. Jika Anda melewati lebih dari 100 denyut saat Anda beristirahat, Anda berada di ambang serangan takikardia.

Patologi ini tidak selalu menimbulkan gejala, tetapi ketika terjadi, yang utama adalah sensasi detak jantung yang cepat atau jantung berdebar di dada. Gejala lain termasuk sesak napas, pusing, pusing, pingsan, dan nyeri dada.

Come Trattare la Tachicardia: 10 Passaggi

Cobalah beberapa teknik relaksasi. Karena stres dan kecemasan adalah pemicu takikardia dan hiperventilasi yang cukup umum, Anda dapat mencoba mencegahnya dengan mengelola cara Anda bereaksi dan mengatasi situasi yang tegang secara emosional. Beberapa teknik untuk meredakan ketegangan, seperti yoga, Tai Chi, pernapasan dalam, visualisasi, dan meditasi, dapat meningkatkan relaksasi dan meningkatkan kesehatan emosional. Cari tahu di gym lokal Anda, pusat budaya kota, atau pusat konseling jika Anda dapat mengambil kursus untuk menghilangkan stres.

Cobalah untuk membatasi ketegangan emosional dalam hidup dengan membuat perubahan positif – bebaskan diri Anda dari hubungan yang kasar, ganti pekerjaan, habiskan lebih sedikit waktu dengan orang-orang negatif. Pantau pikiran cemas tentang pekerjaan, keuangan, dan kehidupan sebagai pasangan.

Ketika stres dan kecemasan berlebihan, tubuh melepaskan hormon untuk mempersiapkan reaksi “lawan atau lari”, yang meningkatkan detak jantung dan laju pernapasan.

Jangan lupa untuk memastikan Anda mendapatkan jumlah tidur yang cukup dan nyenyak – setidaknya 8 jam semalam, meskipun beberapa orang perlu tidur hingga 11 jam untuk menjadi lebih baik. Kurang tidur kronis dapat menyebabkan kecemasan dan jantung berdebar-debar.

See also  Cara Memulai Hidup Baru: 10 Langkah

Come Trattare la Tachicardia: 10 Passaggi

Gunakan stimulasi vagal. Manuver ini hanya terdiri dari beberapa tindakan yang dapat Anda lakukan dengan tubuh Anda untuk bertindak pada saraf vagus, pengatur utama detak jantung. Ada beberapa metode untuk merangsangnya, termasuk manuver Valsava, menginduksi refleks pencelupan, dan membuat pukulan batuk berulang. Teknik sederhana ini harus dipraktikkan segera setelah Anda menyadari bahwa Anda mengalami episode takikardia, karena teknik ini dapat memperlambat detak jantung Anda dalam hitungan detik jika dilakukan dengan benar. Mintalah dokter untuk menunjukkannya kepada Anda.

Manuver Valsava terdiri dari menahan napas dan mendorong ke bawah, seolah-olah untuk buang air besar, selama sekitar 10-15 detik. Ini adalah prosedur sederhana, tetapi dapat mengubah ritme impuls listrik jantung dan menyebabkan detak jantung kembali normal.

Mereka semua memiliki refleks menyelam, yang diaktifkan saat menyelam ke air dingin – tubuh secara otomatis memperlambat detak jantung untuk mengurangi aliran darah agar dapat bertahan hidup. Untuk menginduksi refleks ini, taruh air yang sangat dingin atau kompres es di wajah Anda setidaknya selama 30 detik.

Cobalah juga untuk batuk dengan kuat.

Come Trattare la Tachicardia: 10 Passaggi

Hindari zat dan kebiasaan yang bisa memicu takikardia. Ada beberapa zat yang merangsang gangguan ini, termasuk alkohol, kafein, nikotin, beberapa obat (seperti kokain) dan bahkan obat bebas tertentu (terutama untuk pilek dan batuk). Karena itu, jika Anda secara berkala menderita episode detak jantung yang cepat, Anda harus berhenti merokok, serta minum minuman beralkohol dan berkafein.

Kafein hadir dalam kopi, teh hitam dan hijau, beberapa soda (terutama yang beraroma cola), minuman energi, dan cokelat. Perlu diingat bahwa zat ini tidak memberikan energi, tetapi merangsang aktivitas otak, meningkatkan detak jantung dan tekanan darah.

Nikotin yang diberikan bersama rokok dapat mempercepat detak jantung istirahat hingga 15 denyut per menit dan meningkatkan tekanan darah hingga 10 mmHg.

Alkohol berlebihan (seperti yang bisa terjadi di akhir pekan, misalnya) sering meningkatkan detak jantung, sementara alkoholisme kronis cenderung menyebabkan fluktuasi (dari terlalu cepat ke terlalu lambat).

Takikardia lebih sering terjadi pada orang muda yang cemas, terutama di kalangan wanita yang banyak minum kopi, alkohol dan banyak merokok.

Dapatkan Perawatan Medis untuk Takikardia

Tanyakan kepada dokter Anda tentang penyebab penyakit Anda. Ada tiga jenis takikardia: takikardia atrium atau supraventrikular (SVT), takikardia sinus, dan takikardia ventrikel (VT). Bentuk yang berbeda ini disebabkan oleh faktor yang berbeda, dan memahami mana yang mengganggu Anda dapat membantu dokter menentukan perawatan yang tepat.

Bentuk atrium atau supraventrikular dimulai di ruang atas jantung. Ini adalah jenis takikardia yang paling umum di antara anak-anak dan dapat disebabkan oleh kecemasan, kelelahan, merokok, alkohol, atau kafein.

See also  Bagaimana Mengobati Migrain: Seberapa Efektifkah Pijat Refleksi?

Sinus dapat disebabkan oleh demam, kecemasan, obat-obatan atau obat-obatan, panik, aktivitas fisik yang berat, atau tekanan emosional yang parah.

Takikardia ventrikel dimulai di ruang jantung bagian bawah dan bahkan bisa berakibat fatal. Cari pertolongan medis segera jika Anda memiliki kondisi jantung lain dan denyut nadi Anda mulai meningkat. Bentuk ini dapat disebabkan oleh kekurangan oksigen dalam jantung, oleh obat-obatan, oleh sarkoidosis (penyakit inflamasi) atau oleh perubahan struktur jantung karena suatu penyakit.

Come Trattare la Tachicardia: 10 Passaggi

Tanyakan kepada dokter Anda tentang kemungkinan efek samping dan interaksi obat. Beberapa obat, terutama bila diminum bersamaan dengan obat lain, juga termasuk kemungkinan episode takikardia di antara efek sampingnya. Secara khusus, antiaritmia (digunakan untuk mengobati irama jantung yang tidak normal), digitalis, asma, steroid, dan obat batuk/pilek utama diketahui dapat meningkatkan detak jantung. Tanyakan kepada dokter Anda apakah obat resep yang Anda minum dapat memicu detak jantung yang cepat.

Karena interaksi kimia yang kompleks dari tubuh manusia, hampir tidak mungkin untuk menentukan apakah lebih dari dua obat (diminum pada waktu yang sama) dapat berinteraksi satu sama lain. Baca daftar efek samping obat dengan sangat hati-hati.

Jika Anda khawatir bahwa obat-obatan bertanggung jawab atas takikardia Anda, jangan berhenti meminumnya secara tiba-tiba tanpa pengawasan dokter Anda, jika tidak, Anda dapat memperburuk gejala Anda. Lebih baik menghentikan perawatan secara bertahap dan mengambil produk baru dengan tindakan serupa.

Come Trattare la Tachicardia: 10 Passaggi

Periksa tekanan darah dan kadar kolesterol Anda. Penyakit kardiovaskular, terutama aterosklerosis, meningkatkan tekanan darah; akibatnya, jantung lebih sulit memompa darah dan detaknya menjadi lebih cepat. Kolesterol tinggi merupakan faktor risiko utama aterosklerosis, yang terdiri dari akumulasi plak yang menyumbat arteri. Pada gilirannya, arteri yang tersumbat memicu tekanan darah tinggi, yang seringkali menghasilkan detak jantung yang lebih cepat dari biasanya. Tanyakan kepada dokter Anda perubahan gaya hidup apa yang dapat Anda lakukan, serta obat-obatan untuk mengontrol tekanan darah dan kadar kolesterol, untuk membantu mengurangi risiko detak jantung yang cepat.

Kadar kolesterol standar tidak boleh melebihi 200 mg/dl, sedangkan tekanan darah harus di bawah 135/80 mmHg untuk dianggap normal.

Kurangi lemak jenuh dan lemak trans dari diet Anda dan makan lebih banyak buah segar, sayuran, biji-bijian dan kacang-kacangan.

Jika perubahan gaya hidup dan pola makan tidak secara signifikan mengurangi kadar kolesterol, Anda mungkin perlu minum obat. Ini termasuk statin, yang berbasis niasin, resin sekuestrasi asam empedu, turunan asam fibrat dan penghambat penyerapan kolesterol.

Obat-obatan yang umumnya diresepkan untuk hipertensi arteri adalah diuretik thiazide, beta blocker, ACE inhibitor, calcium channel blocker dan inhibitor renin langsung.

Come Trattare la Tachicardia: 10 Passaggi

Bicaralah dengan dokter Anda tentang penggunaan antiaritmia. Jika penyebab gangguan Anda tidak dikaitkan dengan kebiasaan makan atau gaya hidup Anda, atau jika manuver vagal tidak memberikan hasil yang baik, obat-obatan mungkin diperlukan. Penyebab utama takikardia yang harus ditangani dengan terapi obat adalah kardiomiopati, gagal jantung kongestif dan valvulopati. Obat antiaritmia dapat dengan cepat menurunkan detak jantung, terutama bila diberikan sebagai suntikan. Obat lain yang dapat digunakan (sering dikombinasikan dengan antiaritmia) adalah penghambat saluran kalsium (diltiazem, verapamil) dan penyekat beta (metoprolol tartrat, esmolol).

See also  Cara Mengasamkan Urine: 9 Langkah

Dalam situasi darurat, dokter atau perawat rumah sakit dapat menyuntikkan agen antiaritmia yang bekerja cepat (lidokain, prokainamid, sotalol, amiodaron) ke dalam pembuluh darah untuk menangani kasus akut.

Pasien yang berisiko takikardia juga diobati dengan obat oral kerja lambat (flecainide atau propafenone), yang dapat diminum di rumah pada gejala pertama.

Come Trattare la Tachicardia: 10 Passaggi

Evaluasi apakah ablasi kateter sesuai untuk Anda. Ini adalah prosedur invasif yang direkomendasikan ketika ada jalur listrik yang berlebihan (terlalu banyak sinyal yang dikirim ke jantung) yang menyebabkan takikardia kronis. Kateter dimasukkan ke selangkangan, leher atau lengan dan dimasukkan ke dalam vena ke jantung. Ujung kateter dilengkapi dengan elektroda yang menghancurkan jaringan miokard patogen menggunakan panas, dingin atau frekuensi radio.

Ablasi kateter sangat efektif terutama pada kasus takikardia ventrikel; itu juga digunakan untuk mengobati fibrilasi atrium dan flutter.

Prosedur kateter terkait dengan risiko kerusakan pembuluh darah dan pelepasan emboli yang dapat menyebabkan stroke dan serangan jantung; mereka juga dapat merusak dinding jantung dan mengubah sistem kelistrikan jantung.

Tes yang dapat digunakan dokter untuk mendeteksi takikardia ventrikel adalah: EKG dinamis menurut Holter di klinik, elektrokardiogram normal dan studi elektrofisiologi.

Come Trattare la Tachicardia: 10 Passaggi

Pertimbangkan prosedur pembedahan, jika direkomendasikan. Pembedahan adalah “pilihan terakhir ” untuk mengatasi takikardia, tetapi untuk beberapa pasien ini adalah satu-satunya pilihan yang efektif. Ada beberapa perangkat berbeda yang dapat ditanamkan di dada dan efektif untuk mengobati takikardia, seperti alat pacu jantung dan defibrilator jantung implan. Prosedur yang paling invasif melibatkan operasi jantung terbuka, baik untuk menghancurkan jaringan miokardium patogen maupun untuk memperbaiki jantung yang rusak secara langsung.

Alat pacu jantung adalah perangkat kecil yang dimasukkan di bawah kulit dan mengirimkan impuls listrik ke jantung ketika merasakan denyut abnormal; membantu otot jantung untuk melanjutkan kontraksi, ritme, dan kecepatan normal; itu juga ditanamkan untuk mengobati bradikardia (tingkat yang terlalu rendah). Ketika digunakan untuk mengobati takikardia, biasanya dikombinasikan dengan obat-obatan dan / atau ablasi radiofrekuensi inti takikardia.

Sebuah defibrilator jantung implan adalah ukuran ponsel dan dimasukkan ke dalam dada seperti alat pacu jantung; dalam hal ini, bagaimanapun, terhubung ke jantung dengan kabel listrik. Defibrilator implan memberikan kejutan listrik yang tepat dan terkalibrasi saat mendeteksi detak jantung yang tidak normal.

Tanyakan kepada dokter Anda perangkat mana yang paling cocok untuk kasus Anda.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.