Cara Menghindari Aneurisma: 14 Langkah

Aneurisma adalah pelebaran progresif pembuluh darah yang disebabkan oleh kerapuhan dindingnya. Ini dapat terjadi di setiap segmen vaskular, tetapi lebih berbahaya ketika terbentuk di aorta atau arteri otak. Jika rusak, itu mampu menyebabkan kematian pada 50% kasus. Seringkali sulit untuk mendiagnosis sampai rusak dan sama sulitnya untuk dicegah, tetapi ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mengurangi risiko dan menentukan apakah Anda perlu melakukan pemeriksaan.[1] X Sumber terpercaya Institut Jantung, Paru, dan Darah Nasional Pergi ke sumber Lanjutkan membaca artikel ini untuk mempelajari lebih lanjut.

Lakukan Pemeriksaan

Come Evitare un Aneurisma: 14 Passaggi (con Immagini)

Pelajari tentang kasus-kasus sebelumnya dalam keluarga. Jika setidaknya dua kerabat Anda menderita kondisi ini baru-baru ini atau di masa lalu, Anda harus melakukan pemeriksaan rutin karena ada kemungkinan Anda juga memilikinya. Dokter merekomendasikan pemeriksaan setiap 5 tahun.

Dalam kebanyakan kasus, aneurisma didiagnosis ketika sekarang telah berubah menjadi keadaan darurat, atau dengan santai, ketika karena alasan lain Anda menjalani tes pencitraan diagnostik yang memungkinkan Anda untuk mengamati otak. Karena sulit untuk dideteksi, kebanyakan dokter tidak merekomendasikan tes ini kecuali ada gejala yang berhubungan dengan aneurisma.

Umumnya, kontrol direkomendasikan untuk pria berusia antara 65 dan 75 tahun yang pernah menjadi perokok di beberapa titik dalam hidup mereka. Subjek laki-laki yang termasuk dalam kelompok usia ini dan tidak pernah merokok dapat menjalani skrining selektif berdasarkan riwayat klinis mereka. Akhirnya, pemeriksaan tidak dianjurkan untuk wanita dari kelompok usia ini.

Come Evitare un Aneurisma: 14 Passaggi (con Immagini)

Kenali gejalanya. Jika mata Anda sakit – seolah-olah rasa sakit itu berasal dari bagian belakang bola mata Anda – penglihatan Anda kabur atau Anda mengalami kelumpuhan otot wajah, Anda harus segera menemui dokter dan menjalani tes pencitraan.

Come Evitare un Aneurisma: 14 Passaggi (con Immagini)

Pelajari tentang berbagai teknik diagnostik. Dokter Anda dapat menawarkan beberapa pilihan, jadi ada baiknya Anda mempersiapkan diri sebelum menjalani serangkaian pemeriksaan dengan ukuran ekonomi tertentu. Biasanya, kami melanjutkan dengan:

tomografi komputer . Ini menggunakan jenis sinar-X khusus untuk menemukan pendarahan apa pun. Instrumen mereproduksi gambar otak yang dibedah dan perlu untuk memasukkan media kontras yang menyoroti keberadaan darah.

See also  Cara Menentukan Golongan Darah Anda: 7 Langkah

resonansi magnetik . Ini menggunakan kombinasi gelombang radio yang berinteraksi dengan medan magnet untuk menghasilkan gambar otak 2D atau 3D. Pemberian agen kontras mungkin diperlukan. Ini dapat dikombinasikan dengan angiografi resonansi magnetik yang menggunakan teknologi yang sama untuk menghasilkan gambar pembuluh darah utama dalam tubuh.

Rachicentesi . Ini juga dikenal sebagai “lumbal pungsi ” dan diresepkan jika pencitraan medis tidak mengungkapkan ‘perdarahan. Meskipun prosedurnya mungkin mengesankan, kebanyakan pasien tidak mengalami rasa sakit yang berlebihan selama atau setelah pemeriksaan.

Angiografi serebral . Selama pemeriksaan, probe kecil dimasukkan di dekat selangkangan yang mengalir melalui arteri dan menyuntikkan zat kontras untuk mendeteksi pendarahan dan memeriksa aliran darah. Ini adalah investigasi yang paling invasif dan digunakan ketika prosedur diagnostik lainnya tidak menunjukkan apa-apa.

USG perut . Selama tes, dokter akan melakukan USG lengkap perut. Ini digunakan untuk memeriksa adanya aneurisma di aorta perut.

Come Evitare un Aneurisma: 14 Passaggi (con Immagini)

Konsultasikan dengan spesialis. Jika dokter umum Anda melihat sesuatu dalam gambar atau Anda menduga Anda menderita aneurisma, cobalah menemui spesialis. Jika kondisi kesehatan Anda berisiko atau Anda memiliki gejala tertentu, Anda dapat membuat janji dengan ahli bedah saraf atau ahli saraf untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang situasi tersebut. Dia mungkin harus meresepkan tes lebih lanjut, tetapi dengan ahli di bidang ini Anda akan bisa mendapatkan informasi yang lebih rinci.

Jaga kesehatanmu

Come Evitare un Aneurisma: 14 Passaggi (con Immagini)

Berhenti merokok. Selain menjadi faktor risiko kanker dan emfisema paru, merokok meningkatkan kemungkinan mengembangkan aneurisma. Anda mungkin memerlukan dokter untuk merencanakan kursus berhenti merokok.

Juga, hindari mengekspos diri Anda pada perokok pasif. Jika Anda berisiko terkena aneurisma, jangan pergi ke area merokok.

Come Evitare un Aneurisma: 14 Passaggi (con Immagini)

Batasi alkohol. Diambil dalam dosis berlebihan, alkohol melemahkan dinding pembuluh darah, meningkatkan risiko mengembangkan aneurisma. Jika Anda memiliki masalah alkohol, Anda pasti harus berhenti]].

See also  Cara Memperlambat Detak Jantung Anda

Come Evitare un Aneurisma: 14 Passaggi (con Immagini)

Minum obat dengan benar. Penyalahgunaan obat bebas dan resep menyebabkan peradangan pembuluh darah dan memicu timbulnya aneurisma. Tentu saja, obat-obatan juga merusak, dan pengguna kokain dan amfetamin secara teratur sangat rentan terhadap aneurisma otak.

Come Evitare un Aneurisma: 14 Passaggi (con Immagini)

Makan makanan yang sehat . Pilihlah makanan yang kaya buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan protein non-hewani. Hindari kelebihan lemak, kolesterol, gula dan sodium. Makanlah dalam porsi kecil atau mulailah memasak semua yang Anda makan sendiri untuk memiliki kontrol yang lebih besar atas jumlah. Pertimbangkan untuk makan sedikit dan lebih sering daripada dua atau tiga kali makan besar sehari.

Come Evitare un Aneurisma: 14 Passaggi (con Immagini)

Berlatih secara teratur. Ikuti rutinitas yang seimbang, termasuk latihan kardiovaskular yang dikombinasikan dengan penguatan otot untuk menjaga berat badan Anda tetap terkendali dan tetap bugar. Latih setidaknya 30 menit sehari untuk mencegah pembentukan aneurisma dan menghindari pecahnya pembuluh darah. Dokter dapat memberi saran tentang jenis aktivitas apa yang harus dimulai. Jangan berlebihan di awal. Berikut adalah beberapa tips untuk memulai:

Lakukan beberapa latihan peregangan di pagi hari sebelum sarapan. Cobalah senam selama 15-20 menit untuk pemanasan dan persiapan untuk aktivitas lain.

Lakukan set kecil push-up dan crunch. Pada awalnya, Anda tidak harus berlari maraton atau mengangkat 80kg dengan tangan Anda. Lakukan 20 sit-up dan 10 push-up, lalu tingkatkan secara bertahap.

Cari di Internet untuk beberapa video latihan atau beli panduan tentang topik tersebut. Bagaimanapun, Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter Anda.

Come Evitare un Aneurisma: 14 Passaggi (con Immagini)

Jangan abaikan kesehatan Anda. Faktor utama yang mendukung pembentukan dan pecahnya aneurisma adalah kelebihan berat badan, kolesterol tinggi, hiperglikemia, dan hipertensi. Jadwalkan kunjungan medis berkala untuk memantau kesehatan Anda dan menghindari risiko ini.

Kelola Stres

Come Evitare un Aneurisma: 14 Passaggi (con Immagini)

Belajarlah untuk mengenali apa yang membuat Anda stres. Menghilangkan ketegangan membantu menghindari perkembangan aneurisma, atau apa yang terjadi jika Anda benar-benar “membengkaknya pembuluh darah “. Jika Anda ingin mengurangi stres, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengenali penyebabnya dan mulai bekerja dari sana. Berikut adalah beberapa faktor yang memicunya:

See also  Cara Mengobati Takikardia: 10 Langkah

Masalah hubungan;

Kerja;

Komitmen keluarga;

Masalah-masalah ekonomi;

Trauma lainnya.

Come Evitare un Aneurisma: 14 Passaggi (con Immagini)

Ambil cuti beberapa hari. Anda berhak istirahat, terutama jika Anda mengkhawatirkan kesehatan Anda. Bicaralah dengan atasan Anda tentang hal itu sehingga Anda dapat mengambil liburan singkat untuk beristirahat dan menghilangkan stres yang membuat Anda berlutut. Jika Anda mengesampingkan masalah pekerjaan, Anda akan kembali ke kantor dengan lebih segar dan lebih istirahat. Lakukan perjalanan, kunjungi keluarga Anda, lakukan apa pun yang membuat Anda rileks.

Jika pekerjaan Anda selalu menjadi sumber stres dan kekacauan, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk berganti pekerjaan, meminta relokasi, atau mengubah industri.

Come Evitare un Aneurisma: 14 Passaggi (con Immagini)

Kembangkan hobi yang sehat dan santai. Untuk menenangkan diri, Anda tidak harus mulai membangun kapal layar dalam botol. Temukan sesuatu yang menarik yang akan mengalihkan perhatian Anda. Bagaimana kalau mulai bermain paintball? Mengapa tidak mencobanya? Lakukan sesuatu yang menyenangkan yang membuat Anda sibuk dengan tubuh dan pikiran Anda. Berikut adalah beberapa ide:

Bermain poker atau catur;

Berlatih kegiatan di luar ruangan, seperti hiking, bersepeda atau berenang;

Baca lebih banyak;

Belajar memainkan alat musik atau mengambil gitar tua;

Mendaftar untuk beberapa kelas atau mengambil pelajaran menari.

Come Evitare un Aneurisma: 14 Passaggi (con Immagini)

Pertimbangkan meditasi . Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa orang tua di seluruh dunia memiliki satu kesamaan: mereka terlibat dalam aktivitas yang lebih tenang dan lebih tenang yang tidak memaksa mereka untuk berbicara secara berlebihan. Banyak orang mendapat manfaat dari efek relaksasi yang ditawarkan oleh meditasi, tetapi Anda tidak harus menjadi guru yoga untuk melakukannya.

Untuk mengurangi stres secara drastis, cukup duduk di tempat yang tenang atau di luar ruangan selama 20-30 menit. Jika Anda ingin bersantai dan fokus pada diri sendiri, mulailah dengan mengamati matahari terbenam atau matahari terbit setiap hari.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.